JENIS - JENIS INFORMASI UNTUK MANAJEMEN | KLS INFORMATIKA

       Salah satu pemakai yang paling banyak menggunakan informasi dalam suatu organisasi adalah pihak manajemen. Informasi yang dibutuhkan bisa berasal dari pihak internal maupun eksternal, dalam bentuk formal ataupun informal, berdasarkan komputer ataupun laporan.
jenis - jenis informasi untuk manajemen


       Informasi yang dibutuhkan oleh manajer bisa dibagi menjadi 6 kategori (Alter, 1992), yaitu informasi penyejuk (comfort information), peringatan (warning), indikator kunci (key indicator), informasi situasional (situational information), gosip, dan informasi eksternal (eksternal information).

  • Informasi Penyejuk adalah informasi keadaan sekarang yang merangkum keadaan umum bisnis atau organisasi. Misalnya, berisi ringkasan penjualan atau produksi terakhir. 
  • Peringatan berisi penunjuk terhadap sesuatu yang tidak biasa atau barangkali memerlukan tindakan manajerial atau perubahan - perubahan rencana.
  • Indikator kunci berisi ukuran aspek - aspek penting yang berkaitan dengan kinerja organisasi, seperti level keluhan pelanggan, yang digunakan untuk memelihara pengendalian perusahaan dan mengidentifikasikan permasalahan.
  • Informasi situasional adalah informasi terkini tentang proyek, masalah, atau isu penting yang terkadang berguna untuk menangani suatu masalah.
  • Gosip adalah informasi informal yang berasal dari sumber seperti pihak industri yang terkadang berguna untuk menangani suatu masalah.
  • Informasi eksternal adalah informasi yang berasal dari luar departemen atau perusahaan.

       Pemahaman terhadap jenis - jenis informasi di atas sangat berguna dalam rangka penyediaan informasi dalam sistem informasi formal. Mengingat ada macam - macam tipe informasi yang diperlukan oleh para manajer, sistem informasi harus dapat diakses secara efektif dan fleksibel.

      Sekian dulu untuk pembahasan informasi untuk manajemen, untuk melihat artikel lainnya teman - teman bisa kunjungi blog kls informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar