Lingkup Teknologi Informasi | KLS - INFORMATIKA


LINGKUP TEKNOLOGI INFORMASI


                Secara garis besar, teknologi informasi dapat dikelompokan menjadi 2 bagian : Perangkat Keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Perangkat keras menyangkut pada perlatan – peralatan yang bersifat fisik, seperti memori, printer, dan keyboard. Adapun perangkat lunak terkait dengan intruksi – intruksi untuk mengatur perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan intruksi - intruksi  tersebut.

                Teknologi informasi dibagi menjadi 6 kelompok, diantaranya yaitu :
  • 1.       Teknologi masukan (input technology)

Teknologi masukan adalah segala perangkat yang digunakan untuk menangkap data / informasi dari sumber asalnya. Contoh teknologi ini antara lain barcode scanner dan keyboard. Barcode scanner merupakan contoh produk teknologi masukan yang bisa digunakan pada pasar swalayan untuk melakukan pemasukan data penjualan di kasa.
  • 2.       Teknologi keluaran (output technology)

Supaya informasi bisa diterima oleh pemakai yang membutuhkan. Informasi perlu disajikan dalam berbagai bentuk. Dalam hal ini teknologi keluaran mempunyai andil yang cukup besar. Pada umumnya informasi disajikan dalam monitor. Namun, kadang kala pemakai menginginkan informasi yang lebih fleksibel seperti dalam bentuk audio maupun dalam bentuk kertas (hard copy). Contoh teknologi keluaran diantaranya sound sistem, earphone, printer, dll. Dengan adanya teknologi keluaran ini informasi bisa diterima oleh banyak pihak dengan mudah.
  • 3.       Teknologi perangkat lunak (software technology)

Untuk menciptakan informasi diperlukan perangkat lunak atau sering kali disebut program. Program adalah sekumpulan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan perangkat keras komputer. Pengolahan kata (word processor) merupakan contoh program yang banyak digunakan oleh pemakai untuk membuat dokumen atau informasi - informasi yang tertullis.
  • 4.       Teknologi penyimpan (storage technology)

Teknologi penyimpan menyangkut segala peralatan yang digunakan untuk menyimpan data. Tape, hard disk, disket, memory card, dan zip disk merupakan contoh media untuk penyimpanan data.
  • 5.       Teknologi telekomunikasi (telecommunication technology)

Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan hubungan jarak jauh. Internet dan ATM merupakan contoh teknologi yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi.
  • 6.       Mesin pemroses (processing machine) atau lebih dikenal dengan istilah CPU

Mesin pemroses adalah bagian penting dalam teknologi informasi yang berfungsi untuk mengingat data / program (berupa komponen memori) dan mengeksekusi program (berupa komponen CPU).

Sekian dulu untuk artikel tentang ruang lingkup teknologi informasi ini, teman - teman bisa kunjungi Blog Kelas Informatika untuk materi yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar