Pengertian Sistem Informasi dan Contoh Sistem Informasi | KLS INFORMATIKA


PENGERTIAN SISTEM INFORMASI


           Sesungguhnya yang dimaksud Sistem Informasi tidak hanya melibatkan komputer. Dalam prakteknya, istilah sistem informasi lebih sering dipakai tanpa komponen - komponen berbasis komputer walaupun dalam kenyataannya komputer merupakan bagian yang paling penting . Sistem informasi yang menggunakan komputer bisa disebut sistem informasi berbasis komputer (Computer-Based Information Systems atau CBIS).

 
        
Ada beberapa sumber tentang definisi sistem informasi, sebagaimana yang tertera dibawah ini :

  • .       Gelinas, Oram, dan Wiggins (1990)
Sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada pemakai.
  • .       Alter (1992)
Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
  •       Wilkinson (1992)
Sistem informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran – sasaran perusahaan.
  • .       Bodnar dan Hopwood (1993)
Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
  • .       Turban, McLean, dan Wetherbe (1999)
Sebuah sistem informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
  • .       Hall (2001)
Sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal di mana data dikelompokan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada para pemakai.

Dari beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi adalah perpaduan antara sekumpulan komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja), dan ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi) yang dimaksud untuk mencapai suatu tujuan tertenu . Jadi pada masa sekarang ini sistem informasi yang manual hampir jarang kita temui lagi karena sebagaimana yang kita ketahui sistem informasi berbasis komputer (Computer-Based Information System) sudah bisa mewakili semua aspek dalam sistem informasi manual, bahkan sistem informasi berbasis komputer lebih mudah, cepat, dan akurat dalam proses pengoperasiannya.

Untuk contoh – contoh sistem informasi sendiri sebenarnya sudah sangat sering kita temui dalam kehidupan sehari - hari. Berikut beberapa contoh sistem informasi :

  • .       Sistem Informasi Penjualan, yaitu digunakan dalam melakukan transaksi penjualan sehingga lebih mudah dalam penghitungan maupun pendataan barang.
  • .       Sistem informasi Penggajian Karyawan, digunakan dalam proses penghitungan gaji untuk masing – masing karyawan.
  • .       Sistem informasi layanan akademis , memungkinkan siswa atau mahasiswa memperoleh data akademis.
  • .       Sistem Informasi Penerbangan atau Jenis transportasi lainnya, digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan / pembelian tiket.
Diatas merupakan beberapa contoh sederhananya saja, karena masih banyak lagi sistem informasi yang digunakan pada setiap perusahaan seperti sistem informasi akuntasi , kesehatan, dan lain - lain.
         Terakhir istilah sistem informasi juga sering dikacaukan dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM). Kedua hal ini sebenarnya tidak sama. Sistem informasi manajemen merupakan salah satu jenis sistem informasi, yang secara khusus ditujukan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen dan untuk pengambilan keputusan.
       
         Kalian bisa lihat materi lainnya di Kelas Informatika untuk materi yang lebih luas mengenai sistem informasi ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar