PENGERTIAN DATA, INFORMASI, dan PENGETAHUAN | KLS - INFORMATIKA

          Perbedaan antara data dan informasi seringkali menjadi titik awal untuk memahami sistem informasi. Sebagai tambahan, pengetahuan juga penting untuk dibahas, mengingat saat ini pemakaian sistem pakar yang berbasiskan pengetahuan telah banyak digunakan. Oleh karena itu disini saya ingin membahas tentang apa itu data, informasi, dan pengetahuan.

1. DATA

          Data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai. Misalnya, anda mempunyai deretan angka seperti berikut : 5.40 24 6.00 26 6.30 29. Apa yang kalian pikirkan tentang angka tersebut? Anda mungkin berpikir deretan angka tersebut tidak memberikan makna apapun. Seperti itulah contoh data. Data juga dapat berupa nilai yang terformat, teks, citra, audio, dan video.

Data terformat adalah data dengan suatuformat tertentu. Misalnya, data yang menyatakan tanggal atau jam, atau menyatakan nilai mata uang.

Teks adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol khusus (misalnya + dan $ ) yang kombinasinya tidak tergantung pada masing - masing item secara individual. Contoh teks adalah koran.

Citra (image) adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen, ataupun gambar lainnya.

Audio adalah data dalam bentuk suara. Instrumen musik, suara orang atau suara binatang, suara kendaraan merupakan beberapa contoh data audio.

Video menyatakan data dalam bentuk sejumlah gambar yang bergerak dan bisa dilengkapi dengan suara. Video dapat digunakan untuk mengabadikan suatu kejadian ataupun aktivitas.

Baca Juga Artikel Tentang Pengertian Teknologi Informasi Di sini !!

2. INFORMASI

           Informasi adalah data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga dapat diterima dengan dan bermanfaat bagi para penerimanya. Contohnya yaitu seperti "INFORMASI JUMLAH SISWA dan SISWI KELAS INFORMATIKA 2017-2018", nah informasi itu dapat dibuat dengan mengumpulkan dan menghitung data - data siswa - siswi kelas informatika dari tahun 2017-2018 sehingga jadilah sebuah informasi jumlah keseluruhan dari siswa - siswi tersebut.

siklus informasi
Gambar Siklus Informasi

Jadi hal terpenting untuk membedakan informasi dengan data yaitu, informasi itu mempunyi kandungan "makna", sedangkan data tidak.

Informasi itu sendiri memiliki ciri - ciri seperti berikut :

  • Benar atau salah. Dalam hal ini, informasi berhubungan dengan kebenaran terhadap kenyataan. Akan tetapi sebaliknya jika si penerima salah mempercayainya, efeknya seperti kalau informasi itu benar.
  • Baru. Informasi benar - benar baru bagi si penerima.
  • Tambahan. Informasi dapat memperbarui atau memberikan perubahan terhadap informasi yang ada.
  • Korektif. Infromasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang bernar.
  • Penegas. Informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meninggat.

3. PENGETAHUAN

           Pengetahuan (knowledge) adalah kombinasi dari naluri, gagasan, aturan, dan prosedur yang mengarahkan tindakan atau keputusan (Alter, 1992).Sebagai gambaran, informasi yang dipadukan dengan pengalaman masa lalu dan keahlian akan memberikan suatu pengetahuan yang tentu saja memiliki nilai tinggi.

Bersama - sama dengan data dan informasi, pengetahuan sering digambarkan dengan bentuk piramida, sebagaimana dapat dilihat pada gambar berikut .

gambaran data, informasi, dan pengetahuan menurut abstraksi
gambaran data, informasi, dan pengetahuan menurut abstraksi

Gambar di atas menunjukan bahwa dilihat dari derajat abstraksi, pengetahuanlah yang paling abstrak, sedangkan jika dilihat dari kuantitas, pengetahuanlah yang memiliki kuantitas paling kecil.

Dalam sistem informasi, pengetahuan merupakan komponen utama pada sistem yang disebut sistem pakar (expert system).

Sekian dulu materi tentang Pengertian Data, Informasi , dan pengetahuan ini. Semoga teman-teman belum puas dengan materi yang didapat dan teman-teman bisa kunjungi artikel lainnya di blog Kelas Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar