KARAKTERISTIK DATA DAN INFORMASI | KLS INFORMATIKA

              Data dan informasi memiliki banyak sifat. Oleh karena itu dengan adanya istilah karakteristik data dan informasi ini, bisa kita gunakan untuk menyatakan hal tentang sifat - sifat data dan informasi.
karakteristik data dan informasi

1. TIPE DATA

        Sebagai mana yang telah dibahas di artikel sebelumnya, ada bermacam - macam tipe data. masing - masing tipe data tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Tipe data terformat cocok untuk menyimpan informasi seperti tanggal transaksi dan jam (format tanggal dan format jam). Tipe data teks cocok untuk menyatakan data yang panjang semacam biografi seseorang. Tipe data suara dapat digunakan untuk menyatakan bunyi-bunyian suatu benda atau lainnya. Dan terakhir data video dapat digunakan untuk menekankan tentang suatu aktivitas atau kejadian.

2. AKURASI dan PRESISI

         Istilah akurasi (accuracy) dan persisi (precise) seringkali tidak dibedakan. Akurasi menyatakan derajat kebenaran terhadap informasi dan menentukan kehandalan atau reliabilitas informasi. Informasi yang benar - benar bebas kesalahan dapat dinyatakan akurat. Adapun presisi berkaitan dengan tingkat kerincian suatu informasi. Sebagai contohnya, anda memiliki uang di bank sebesar 5 juta, informasi yang anda nyatakan masih akurat, walaupun tidak presisi.

3. USIA dan RENTANG WAKTU

         Karakteristik informasi yang berkaitan dengan waktu adalah usia (age), ketepatan waktu (timeliness), dan rentang waktu (time horizon). Usia informasi menyatakan lama waktu sejak informasi dihasilkan hingga saat sekarang. Ketepatan waktu menyatakan usia data yang sesuai dengan upaya pengambilan keputusan. Artinya, informasi tersebut tidak usang / kadaluwarsa ketika sampai ke penerima. Rentang waktu menyatakan selang waktu yang digunakan untuk mencangkup data. Rentang waktu dapat beroperasi di mas lalu, masa sekarang, atau masa akan mendatang.

4. TINGKAT KERINGKASAN dan KELENGKAPAN

       Sejatinya informasi yang terlalu detail kurang memberikan hasil yang lebih baik, akan tetapi sebaliknya, jika informasi yang kita berikan itu singkat, jelas, dan padat tentunya akan lebih mudah dipahami oleh para penerima. Dan tentunya kita harus memberikan informasi yang sesuai kebutuhan si penerima.

5. KEMUDAHAN AKSES

       Agar informasi bisa diterima dengan lancar oleh pemakai, kemudahan akses terhadap informasi harus terjamin. Oleh karena itu, pihak - pihak yang berkompeten dengan informasi biasanya dilengkapi dengan komputer pribadi yang terhubung ke komputer server, yang menyimpan data untuk memudahkan pengaksesan informasi.

6. SUMBER

        Sumber informasi dapat bersifat internal atau eksternal. Sumber  data internal berasal dari perusahaan itu sendiri, misalnya diperoleh dari sistem informasi. Sumber data eksternal berasal dari lingkungan.

7. RELEVANSI dan NILAI

          Relevansi informasi untuk setiap pemakai tentu saja berbeda - beda. Relevan berarti bahwa informasi tersebut benar - benar memberikan manfaat bagi pemakai dan juga memiliki keterhubungan dengan pemakai.

Baca juga materi tentang peranan teknologi informasi dalam kehidupan kita

8. KUALITAS INFORMASI

         Istilah kualitas informasi (quality of information) terkadang juga dipakai untuk menyatakan informasi yang baik. dari sekian karakteristik yang dibahas, kualitas informasi sering diukur berdasarkan :

  • Relevansi
  • Ketepatan Waktu
  • Keakurasian
Sekian dulu untuk pembahasan mengenai karakteristik data dan informasi ini, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya. Dan untuk melihat materi lainnya dapat teman - teman kunjungi blog kls informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar