Pengertian Teknologi Informasi dan Contohnya | KLS INFORMATIKA


                Istilah teknologi informasi (Information Technology atau IT) mulai populer di akhir dekade 70-an. Pada mas sebelumnya , istilah teknologi komputer atau pengolahan data elektronis atau PDE (Electronic Data Processing atau EDP) lebih dikenal.

  TEKNOLOGI DAN INFORMASI

Sebelum membahas tentang definisi teknologi informasi kita juga harus mengetahui makna dari istilah teknologi dan informasi itu sendiri, karena setiap istilah tersebut memiliki arti tersendiri tetapi tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Sehingga perpaduan dari kedua istilah tersebut akan menghasilkan satu istilah yang baru yaitu teknologi informasi.

TEKNOLOGI

 Pertama yaitu teknologi adalah suatu metode atau cara untuk mencapai tujuan praktis guna mempermudah pemenuhan kebutuhan. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, techne yang berarti “keahlian” dan logia yang berarti “pengetahuan”. Dalam makna yang sempit teknologi mengacu pada obyek atau benda yang digunakan untuk mempermudah segala aktivitas manusia, seperti perkakas, mesin, atau perangkat keras lainnya.

INFORMASI

Kedua yaitu Informasi adalah data yang telah diolah melalui pemrosesan, manipulasi, serta pengorganisasian atau penataan sehingga menghasilkan nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Informasi ini dapat kita dapatkan berupa text, audio, gambar dan animasi yang tentunya dapat kita pahami dengan mudah.

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI

 Dari pengertian kedua tersebut (teknologi dan informasi), dapat kita simpulkan bahwa pengertian teknologi informasi adalah tata cara atau sistem yang digunakan manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi.

Ada yang menggunakan istilah teknologi informasi untuk menjabarkan sekumpulan sistem informasi, pemakai, dan manajemen (diulas oleh Turban, McLean, dan Wetherbe, 1999). Pendapat ini menggambarkan teknologi dalam perspektif yang luas. Namun, kalau didasarkan pada definisi sistem informasi menurut Alter pada artikel Pengertian Sistem Informasi, teknologi informasi hanyalah bagian dari sistem informasi.

                Ada beberapa definisi tentang teknologi informasi menurut para ahli, diantaranya yaitu  :
·         menurut kamus Oxford (1995), teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata – kata, bilangan, dan gambar.
·          Alter (1992), yaitu teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentranmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan data.
·         Martin (1999), mendefinisikan teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
·         Lucas (2000) mendefinisikan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.
·         Bambang Warsita (2008), teknologi informasi adalah sarana dan prasarana (hardware, software,brainware) sistem dan metode untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan menggunakan data secara bermakna.
·         Lantip dan Rianto (2011) teknologi informasi diartikan sebagai ilmu pengetahuan dalam bidang informasi yang berbasis komputer dan perkembangannya sangat pesat
Beberapa contoh teknologi informasi diantaranya yaitu mikrokomputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak (software) pemroses transaksi, perangkat lunak lembar kerja ( spreadsheet), dan peralatan komunikasi jaringan dan juga yang lainnya.
 Sekian dulu untuk artikel tentang pengertian teknologi informasi ini, untuk materi Teknik Informatika lainnya teman-teman bisa lihat di blog Kelas Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar